Kamis, 07 Januari 2010

RACUN DALAM PRODUK BAYI

Berencana membeli sabun atau shampoo untuk bayi Anda? Tahukah Anda bahwa dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Analytical Sciences (sebuah laboraturium independen di Petaluma, California, Amerika Serikat) awal tahun 2009, ternyata 32 dari 48 produk mandi bayi mengandung karsinogen yang dapat menyebabkan kanker?

Latar Belakang Penelitian

Pada awal tahun 2009, Analytical Sciences memeriksa 48 produk mandi bayi dalam rangka “The Campaign For Safe Cosmetics”.

Ternyata 32 produk diantaranya mengandung 1,4-dioxane dan 23 diantaranya mengandung formaldehyde dalam jumlah kecil. Bahkan 17 produk terbukti mengandung kedua unsur kimia ini.

Produk mandi bayi yang terkontaminasi ini pun tidak terbatas pada sabun dan shampoo saja, tetapi juga produk-produk lain seperti lotion, gelembung busa untuk mandi, sabun cair, pasta gigi, tissue basah, serta sun block untuk bayi.

Apa Bahayanya dan Bagaimana Bisa Terdapat Dalam Produk Mandi Bayi?

Menurut Environmental Protection Agency Amerika Serikat, kedua unsur kimia di atas dicurigai sebagai penyebab penyakit kanker dan sebenarnya tidak ditambahkan secara sengaja ke dalam produk-produk tersebut.

Kedua unsur kimia ini muncul dikarenakan proses pembuatan produk, oleh karena itu Anda tidak akan menemukan 1,4-dioxane dan formaldehyde dalam daftar bahan pada semua kemasan produk ini. Sebuah penelitian lain di tahun 1982 yang dilakukan oleh FDA menunjukkan bahwa 1,4-dioxane yang terdapat pada lotion dapat menembus dan meresap ke dalam kulit manusia dan formaldehyde dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang yang sensitif.

Tanggapan Produsen

Diantara produk yang tercemar kedua unsur kimia ini adalah 2 produk terkenal dari Johnson & Johnson, yaitu Johnson & Johnson Baby Shampoo dan Baby Magic Lotion. Dalam sebuah pernyataannya, Johnson & Johnson menyatakan bahwa, “FDA dan badan-badan pemerintahan lainnya di seluruh dunia menganggap bahwa kandungan sejumlah yang ditemukan tersebut termasuk aman dan seluruh produk kami telah lolos dari persyaratan dan peraturan di setiap negara di mana produk-produk ini dijual.”

Mereka juga menambahkan, “Kami kecewa karena Campaign for Safe Cosmetics telah salah dalam menilai keamanan produk-produk kami, telah berseberangan dengan konsensus para peneliti ahli dan badan penelitian pemerintahan yang telah memeriksa keamanan bahan kandungan produk kami, serta telah membuat panik banyak orang tua.”

Di sisi lain, Stacy Malkan, juru bicara Campaign for Safe Cosmetics mengatakan, “Kami tidak bermaksud untuk membuat panik para orang tua, akan tetapi untuk memberitahu mereka bahwa produk-produk yang mengaku berbahan lembut dan alami ternyata terkontaminasi oleh karsinogen, yang sebenarnya sama sekali tidak perlu.”

Malkan juga megatakan bahwa walaupun tingkat kandungan kedua kimia tersebut termasuk rendah, masalahnya sejumlah kecil karsinogen ini ditemukan di BANYAK produk dan produk-produk ini digunakan SETIAP HARI, sehingga bisa membahayakan juga.

Sehingga Malkan menyatakan, “Produk-produk ini bukanlah yang paling aman serta paling alami - dan para orang tua harus mengetahui hal ini.”

Apa yang Harus Anda Perbuat?

Jepang dan Swedia telah melarang penggunaan formaldehyde pada produk-produk personal care. Uni Eropa juga telah melarang penggunaan 1,4-dioxane. Sedangkan FDA (Food and Drug Administration - Amerika Serikat) belum menentukan batas aman pengunaan kedua unsur ini pada produk personal care dan masih menganggap bahwa jumlah kandungan yang ada sekarang tidak membahayakan.

Malkan sendiri untuk saat ini menyarankan agar Anda memilih produk mandi bayi yang mengandung lebih sedikit bahan. Ingat-ingat itu saja ya… Lebih sedikit bahan (ingredients) berarti lebih baik dan aman…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar